Memperkuat Inklusi dan Kolaborasi dalam Pengurangan Risiko Bencana: Views from the Frontline 2019 di Indonesia (Indonesian version)

Publication language
Bahasa Indonesia
Pages
63pp
Date published
01 Jan 2019
Type
Research, reports and studies
Keywords
Accountability and Participation, Community-led, Disaster risk reduction
Countries
Indonesia
Organisations
YAKKUM Emergency Unit (YEU)

Views from the frontline (VFL) 2019 adalah kajian independen terbesar di tingkat global untuk pengurangan risiko bencana di tingkat lokal yang diinisiasi oleh Global Network of Civil Society Organisations for 1 Disaster Reduction (GNDR) . VFL bertujuan untuk memperkuat keterlibatan aktif dan kolaborasi diantara masyarakat berisiko, organisasi masyarakat sipil dan pemerintah dalam merancang dan melaksanakan kebijakan dan program-program pengurangan risiko bencana dan 2 ketangguhan masyarakat.

Salah satu kunci untuk membangun ketangguhan masyarakat terhadap bencana adalah dengan mendukung aksi pengurangan risiko bencana di tingkat komunitas. Untuk itu, penting untuk memahami risiko bencana dari perspektif masyarakat. Dalam VFL 2019, ada 3 aspek yang dikaji yaitu (1) Profil Risiko, (2) Tata Kelola Risiko yang inklusif, dan (3) Lingkungan pendukung. Profil risiko mengidentifikasikan prioritas ancaman dan risiko, tantangan/hambatan dan aksi yang perlu dilakukan baik dari sudut pandang masyarakat, pemerintah, organisasi masyarakat sipil di wilayah setempat. Pemetaan risiko yang partisipatif dan inklusif penting dilakukan untuk memastikan rasa kepemilikan komunitas terhadap kajian ini. VFL memotret realitas lokal dengan berkolaborasi bersama aktor-aktor lokal yang telah bekerja di komunitas setempat dan secara langsung menjangkau masyarakat dan pemangku kepentingan di wilayah setempat melalui wawancara dan pengamatan di wilayah tersebut sehingga dapat memahami perspektif komunitas dengan lebih baik. Persepsi komunitas mengenai priroitas risiko, aksi, dan hambatan mungkin berbeda dengan persepsi pemerintah maupun tenaga ahli. VFL juga mengevaluasi manajemen risiko dan lingkungan pendukung yang dapat mendorong ketangguhan masyarakat dan penanggulangan bencana